Kamis, 07 Mei 2009

Cryphtography and Steganography

Secara mendasar kedua kata tersebut adalah suatu unsur yang sama yaitu di bidang ilmu kriptologi.

akan tetapi, dari kedua tersebut ada perbedaan yang sanagt mencolok yang mungkin merupakan dasar dari perbedaan kedua ilmu ini.

dalam hal perbedaan kedua ilmu ini memiliki pengertian masing-masing:

-Kriptography merupakan teknik menyandi dengan menggan subjek yang akan disandi(subtitusi) ataupun memindahkan tempat objek yang akan disandi (transposisi).

-Steganography merupakan teknik menyandi dengan menyamarkan objek yang akan di sandi, sehingga orang- orang secra sepintas akan melihat bahwa tidak ada yang spesial dari onjek tersebut. misalnya : La wan, Tatto, dsb.

Untuk sandi klasik, masih banyak yang menggunakan sistem sandi steganography, akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, maka orang- oarng beralih ke sistem sandi kriptography, misalnya : caesar, viginere, dsb.

Walaupun sistem sandi steganography sudah mulai ditinggalkan akan tetapi sistem sandi ini tidaklah serta merta lebih lemah daripada sistem sandi kriptography, tetap saja sistem ini memiliki kelebihan.

Apalagi jika sistem ini di gabung dengan sistem sandi kriptography, akan menjadikan sistem yang sangat kuat apalagi di zaman e-life sekarang.

semakin sulit untuk menentukan kunci atapun sistem sandinya, maka ajan semakin bagus dan kokoh nya informasi yang kita kirimkan, sehingga akan menjadi pekerjaan yang sulit untuk para kriptanalisis untuk memecahakannya.

so, apapun yang sistem yang digunakan, asal informasi yang kita miliki tidak jatuh ketangan orang lain, maka sistem kita kuat.

Semoga bermanfaat dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengertian dan penulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar